Langsung ke konten utama

Wisata Bukit Kelinci, Serpihan Nuansa Negeri Kincir Angin


Wisata Bukit Kelinci
Kehausan kaum milenial akan nuansa-nuansa instagrammable untuk memenuhi tuntutan eksistensi di era digital seolah menjadi peluang pelaku industri pariwisata untuk berlomba-lomba menghadirkan spot-spot wisata unik yang memiliki ciri khas berbeda dari satu lokasi ke lokasi lainnya. Oleh karena itu banyak spot wisata yang mulai berbenah, bahkan tak jarang beberapa tempat yang baru muncul dan terdengar belakangan ini juga bisa langsung menjadi tempat hits di kalangan kidz jaman now.

Spot Payung Terbang


Senang sekali rasanya saya bisa  menginjakkan kaki ke salah satu spot wisata yang belakangan cukup heboh di sosial media.  Lokasi berada di Jalan Utama Lintas Bukittinggi – Payakumbuh atau lebih tepatnya di Daerah Piladang. Buat anda yang mungkin sering bolak balik Bukittinggi – Payakumbuh, Pasti sudah sangat hafal dengan lokasi yang dimaksud. Area wisata yang berada ditepi jalan yang lebih kurang berjarak 20 KM dari Kota Bukittinggi ini disebut dengan “Wisata Bukit Kelinci”.


Trek yang dilalui...

Sudah lama saya merencanakan keberangkatan ke lokasi ini. Namun apa mau dikata, ada saja halangan yang membuat segala rencana untuk sekedar menikmati pemandangan yang ada disini menjadi buyar. Mumpung sedang ada urusan yang harus diselesaikan ke Payakumbuh dan juga dalam kondisi yang agak santai, kenapa nggak dicoba untuk melipir kesini sambil melepas penat sejenak, ya nggak?


Spot Kincir Angin di WBK

Lokasi ini mulai beroperasi pada tanggal 17 Juni 2018 dan resmi dibuka sebagai tempat wisata edukasi. Untuk masuk ke lokasi ini para pengunjung akan dikenakan biaya parkir sebesar Ro. 3.000,- / motor dan Rp. 5.000,-/ mobil. Setelah membayar karcis parkir para wisatawan bisa langsung membeli karcis masuk dengan harga Ro. 10.000,-/ orang. Setelah itu bisa langsung memasuki lokasi wisata dengan menyerahkan karcis masuk tadi untuk di sobek terlebih dahulu kepada petugas pintu masuk lokasi wisata.



Tanpa basa basi saya langsung bergegas masuk agar bisa mendapatkan spot foto menarik tanpa adanya gangguan pengunjung lain yang lewat atau bahkan antri menunggu giliran ingin berfoto di spot-spot tertentu. Saat masuk ke lokasi wisata, saya langsung disambut dengan puluhan payung-payung yang bergelantungan di sepanjang trek. Nuansa yang dihadirkan sangat menarik dan penuh warna. Di kiri dan kanan juga disediakan bangku-bangku yang juga bisa digunakan untuk sekedar berfoto selfie.



Puas menikmati pemandangan disini. Saya terus menyusuri anak tangga yang tertata sangat rapi untuk sampai ke lokasi Bukit Kelinci. Dekorasi taman yang dihadirkan disini juga sangat menarik. Mulai dari trek dan anak tangga yang tersusun dari balokan-balokan batu yang unik. Ditambah terdapat semacam saung di sisi kiri kanan jalan. Membuat para wisatawan tidak punya alasan untuk tidak berhenti sejenak untuk mengabadikan beberapa moment di spot-spot ini. 


Peternakan Kelinci

Perjalanan terus saya lanjutkan hingga sampai ke Taman Wisata Bukit Kelinci. Nah disinilah terlihat pengunjung yang begitu antusias mengabadikan setiap detik yang dilalui dengan berfoto di lokasi-lokasi instagrammable yang ada disini. Terdapat puluhan kincir angin ala negeri Belanda yang sangat menarik untuk di jadikan objek foto. Berbagai macam gaya dilakukan para pengunjung untuk mendapatkan pose terbaik. Sampai-sampai susah untuk mencari spot kosong untuk sekedar mengambil gambar lokasi.



Spot Foto dan Kandang Kelinci


Karena ini wisata edukasi, disini para pengunjung juga bisa bermain atau mengenal lebih dekat lagi beragam jenis kelinci yang ada di peternakan kelinci. Bagi para pengunjung yang ingin masuk ke lokasi peternakan kelinci maka akan dikenakan tarif Rp. 5000,-/ orang. Tentunya para pengunjung bisa memberi makan langsung kelinci-kelinci disana atau bahkan ingin sekedar berfoto juga diperbolehkan. Kalau saya lebih memilih memperhatikan dari jauh saja dan sesekali mengabadikan tingkah lucu kelinci- kelinci yang ada disini.

Eksis dikit boleh lah ya... 


Puas berkeliling dari satu spot ke spot lainnya. Saya menyempatkan duduk di salah satu saung yang  sudah disediakan disekitar area wisata. Jadi disini para pengunjung juga bisa beristirahat sambil menyantap bekal yang dibawa dan kayanya bakalan seru ya kalo ngadain acara kumpul keluarga dilokasi ini. Karena dari anak-anak,remaja bahkan orang tua sekalipun pasti bisa menikmati segala keseruan yang dihadirkan di lokasi wisata Edukasi Bukit Kelinci. Ada juga beberapa fasilitas lainnya seperti Mushalla, stan makanan ringan, WC umum juga ada disini. Bagaimana tertarik untuk menghabiskan akhir pekan anda  disini ???  


View Wisata Bukit Kelinci

Penulis : Wawan MJ 
Instagram : @wawanmj_ 


mohon mencantumkan link saat menyadur atau mengambil gambar di blog ini. terimakasih!!!



Komentar

Rekomendasi Untuk Anda

Pesona Puncak Kabun Singgalang

Puncak Kabun Singgalang Berburu keindahan alam merupakan salah satu hobi yang kembali tengah saya tekuni belakangan ini. Berbagi foto dan menuliskan segala pengalaman diberbagai tempat yang saya kunjungi merupakan suatu kebanggaan. Terutama jikalau bisa mengekspos tempat-tempat indah yang belum banyak diketahui khalayak ramai. Bahkan waktunya pun sering saya lakukan di jam-jam sibuk perkantoran. Agar dapat menikmati keindahan alam tanpa banyaknya orang atau kendaraan yang berseliweran kesana kemari. Kali ini saya menyaksikan langsung keindahan Puncak Kabun Singgalang yang berada di Kecamatan Banuhampu, Kabupaten Agam. Lokasi ini nggak jauh letaknya dari Taman Pendidikan Al-Quran (TPA) Syekh Bagodaik di Jorong Baringin, Kanagarian Cingkariang. Keasrian alam, sejuknya udara di lokasi ini berpadu dengan keramahan warga sekitar yang mayoritas berprofesi sebagai petani sayur menemani perjalanan kami kali ini.  Siang itu tepatnya setelah Shololat Dzuhur, saya

Langkuik Tinggi (Wisata 5 Air Terjun)

Gerbang Wisata Langkuik Tinggi Tepat sekali kalau Malalak merupakan surga bagi para pencinta air terjun. Terbukti saat kami kembali menginjakkan kaki untuk kedua kalinya ketempat ini, disepanjang jalan kiri dan kanan terpampang berbagai spanduk air terjun. Mulai dari Burai-Burai Langkuik, Burai-Burai Batingkek, Burai-Burai Singkek, Langkuik Tamiang hingga yang saat ini menjadi tujuan kami kali ini yaitu Langkuik Tinggi dan tentunya masih banyak spot-spot air terjun lainnya. Berkumpul Di posko Untuk Mendata Anggota Sampai-sampai ada salah satu media online yang menyatakan kalo Potensi Pariwisata yang ada di Malalak ini seperti membangunkan raksasa yang sedang tidur pulas. Kalo dipikir-pikir memang benar. Karena begitu banyak spot yang belum tergarap dengan baik dan juga belum diketahui oleh banyak pecinta alam. Sangat disayangkan, namun begitulah adanya. View Sebelum Memasuki Hutan   Lokasi Air terjun Langkuik tinggi ini masih berada didaerah Nyiur - Mal

Menelusuri Sungai Amazone Ala Situjuah (Embung Baboy)

Pernah kebayang bagaimana rasanya bisa menelusuri hutan belantara yang terbelah oleh aliran sungai? Disinilah tempat yang paling pas buat anda yang menyukai rekreasi sekaligus bisa memacu adrenalin. Ya... Embung Baboy bisa anda jadikan referensi untuk menikmati liburan kali ini.  Lokasi berada di selatan Kabupaten 50 Kota, lebih kurang sekitar 15 KM dari pusat kota Payakumbuh. Tepatnya berada di Jorong Koto, Nagari situjuah Batir, Kecamatan Situjuah Limo Nagari, Lima Puluh Kota. Sekedar informasi, kalau danau mini ini awalnya ditujukan untuk tempat konservasi alam, irigasi dan perikanan. Ternyata memiliki daya tarik pariwisata yang membuat para wisatawan terpukau dengan keindahan alamnya.  Apalagi jika menikmaati keindahan alamnya dengan menggunakan perahu yang telah disediakan warga sekitar. Dengan Jarak tempuh lebih kurang 600 M anda hanya akan membayar Rp. 5000,- per orang, dengan maksimal penumpang satu kapalnya berkisar 8 - 1 0 orang. Namun hati-

Jelajah Wisata Bukik Baka Park Kamang

D ipostingan sebelumnya " Luak Gadang, Spot Wisata Kekinian ", saya sempat berjanji untuk membahas satu spot wisata lainnya yang masih berada di  lokasi yang sama dengan lokasi pertama ini. Oleh karena itu, di tulisan kali ini saya akan share langsung pengalaman menjelajahi Bukik Baka Park. Lokasi masih berada di Jorong Guguak Rang Pisang, Nagari Kamang Ilia, Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam. Lokasi ini hanya bisa diakses dengan berjalan kaki. Mulai dari menyusuri dua kolam yang berada di kaki Bukik Baka yang terbelah dengan sebuah pematang bercor semen. Setelah itu dilanjuti dengan melewati trek bebatuan dan jalan tanah hingga keatas bukit. Perjalanan ini memakan waktu sekitar 30 menit. Sesampainya diatas saya bisa langsung menikmati keindahan alm dari sebagian Kabupaten Agam dan Kota Bukittinggi. Syukurnya cuaca saat saya melakukan perjalanan sangat cerah dan bersahabat. Sehingga bisa terlihat jelas pemandangan dari gunung, sawah, jalan

Keindahan Panorama Kayu Kolek

Cerita yang tak pernah ada ujungnya ketika membicarakan keindahan alam dari Kabupaten Lima Puluh Kota. Ada saja hal baru yang selalu membuat saya ingin berkunjung dan mengeksplorasi keindahan alam yang ada di daerah ini. Di kesempatan kali ini, saya mencoba menghampiri spot wisata yang berada di daerah dimana pacu itiak merupakan  tradisi bagi masyarakat setempat. Lokasinya berada di Nagari Tanjuang Sikabu-Kabu Padang Panjang, Kecamatan Luak, Kabupaten Lima Puluh Kota. Tempat wisata ini bernama  Panorama Kayu Kolek . Cuaca siang itu sangat terik, langsung terbayang keindahan pemandangan alam yang nantinya bisa didapatkan disini. Hanya saja sesampainya di lokasi yang dimaksud. View panorama diselimuti kabut yang cukup tebal. Sehingga membatasi jarak pandang. Namun tentunya tidak mengurangi keindahannya. Disini pengunjung bisa menikmati keindahan alam sambil ber-swafoto. Juga bisa menikmati beragam panganan yang dijajakan. Nggak ketinggalan, bersantai di sore ha

Trekking Menelusuri Rimbo Langkuik Tamiang

Akhirnya sampai juga kami disalah satu destinasi yang terletak di Kampung nyiua, Malalak Selatan. Siapa yang menyangka ternyata pesona air terjun yang ada di Kenagarian ini membuat para pencinta alam berbondong-bondong datang untuk menyaksikan maha Karya dari Sang Pencipta. Untuk mencapai lokasi ini sangat gampang. Dari Bukittinggi jalanlah menuju ke Perempatan Padang luar. Belok kanan ke arah jalan Danau Maninjau. Sesampainya di pertigaan simpang Malalak, lalu berbelok kekiri dan ikuti saja jalan yang ada hingga nanti terdapat jalan bercabang dua. Nah sesampainya disini ambil jalan sebelah kanan. Lokasi nantinya berada di sebelah kiri jalan. Sangat diharapkan kehati-hatiannya dalam mengendari kendaraan bermotor, terutama ketika hujan. Dikarenakan disepanjang jalan akan banyak di temui tikungan-tikungan tajam. Untuk waktu tempuh ke lokasi hanya sekitar satu jam-an dari Bukittinggi. Dari kejauahan terlihat spanduk yang bertuliskan Rimbo Langkuik Tamiang. I

Berkunjung Ke Masjid Samudera Ilahi, Ikon Baru Pesisir Selatan

Perjalanan di Pesisir Selatan pun masih kami lanjutkan. Kali ini dikarenakan hari sudah semakin sore, kami memutuskan untuk segera mencari penginapan di sekitaran Pantai Carocok. Mudah-mudahan masih keburu untuk menikmati sunset disana. Sesampainya di Pantai Carocok. Pandangan saya tertuju pada masjid yang baru saja diresmikan di awal Bulan Februari 2021 ini. Masjid Samudera Ilahi atau lebih dikenal dengan Masjid Terapung Pantai Carocok. Seketika kami menunda dulu untuk mencari tempat penginapan dan melihat-lihat suasana masjid yang berada di bibir Pantai ikonik Pesisir Selatan ini. Biar bisa sekalian merasakan suasana Sholat Maghrib disini. Sekedar informasi dari beberapa sumber yang saya baca katanya masjid yang berada di Painan, IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan ini dibangun di lahan seluas 1795 m². Selain itu mesjid dengan 2 menara setinggi 32 meter ini mampu menampung kisaran 300 orang jamaah. Correct me if I am wrong ya! Sesampainya di masjid ini kami langsung berkeliling dan

Cliff Jumping Di Sironjong Ketek

Meloncat dari ketinggian 20 meter... Bagaimana Keseruannya???  

Fuse Pro - Penghasilan Tambahan Dengan Menjadi Agen Asuransi Digital

Sebenarnya banyak hal yang kita bisa lakukan dari rumah. Apalagi dengan kondisi yang tengah sama-sama kita hadapi saat ini. Dimana pergerakan kita agak terbatas dan lebih baik melakukan sesuatu seperti bekerja dari rumah atau sering disebut juga Work From Home. Nah di kesempatan kali ini saya ingin berbagi peluang usaha tanpa modal yang bisa anda  lakukan hanya dengan mengandalkan kelincahan jari jemari anda di layar smartphone. Yakni dengan menjadi Agen Asuransi Digital di Fuse Pro. Nanti saya bakal share deh, apa aja keuntungan jika anda bergabung menjadi mitra disini. Untuk anda yang ingin mendaftar sebagai Agen Asuransi di Fuse Pro. Langsung saja klik link pendaftarannya disini ! (Pendaftaran Gratis!!!) Nantinya para agen akan mendapatkan website gratis untuk pemasaran online agar lebih mudah menjangkau calon nasabah anda diseluruh wilayah di Indonesia . Contoh websitenya bisa dilihat disini !  Adapun produk yang ditawarkan nantinya : - Asuransi Mobil - Asuransi Motor - Asu

Pengalaman Booking Hotel Di Kuala Lumpur Menggunakan OYO Rooms

   Sebenarnya saya ingin menceritakan pengalaman saya liburan ke Kuala Lumpur di awal Ramadhan 1440 H ini. Hanya saja saya pikir hal yang akan saya paparkan di tulisan berikut ini dirasa lebih berguna terutama untuk teman-teman backpacker yang ingin bertualang baik itu di Indonesia ( domestic) ataupun ke luar negeri (Overseas). Jadi tulisan tentang " Discover Kuala Lumpur In One Day Trip" nya kita tunda dulu ya. Jujur ini bukan endorse ataupun paid promote karena ini benar-benar saya alami sendiri. Dimana saat saya ingin jalan-jalan di Kuala Lumpur, di siang harinya saya dan adik serta teman dan saudara sepupu temannya berada di Melaka dan masih bingung menentukan penginapan untuk mengisi kegiatan liburan di Kuala Lumpur. Hal yang paling di khawatirkan adalah masalah penginapan.  Sehingga diputuskan untuk meminta bantuan saudara sepupu dari rekan adik saya yang kebetulan sudah paham dengan dunia per-travel-an ini untuk mencari Hotel Budget yang sang

Popular Posts

Ondeh Mandeh Rancak Bana

Bermalam Di Kawasan Pemandian Aie Angek Bukik Kili

Jelajah Wisata Bukik Baka Park Kamang

Pengalaman Booking Hotel Di Kuala Lumpur Menggunakan OYO Rooms

Pesona Puncak Kabun Singgalang

Setelah Mendaftar Antrian Paspor Online, Apalagi Yang Harus Dilakukan? - Kantor Imigrasi Agam

Langkuik Tinggi (Wisata 5 Air Terjun)

Ngopi Sejenak Di Tepian Toba

Banto Royo, Wisata Alam Nan Eksotis Di Agam

Berkunjung Ke Rumah Apung Di Kampung Mandas Taroesan