Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

1 Sep 2015

Lubuak Bonta Kini...

 
Apakah anda masih familiar dengan nama Pemandian Alam Lubuak Bonta? Apa anda pernah mengunjungi kawasan pemandian alam ini? Jujur, saya merupakan salah satu orang yang bisa dibilang jarang mendengar nama Lubuak Bonta direkomendasikan menjadi salah satu tempat wisata pemandian belakangan ini. Bagaimana dengan anda?
 
 
 
 
Ya benar sekali, keberadaan pemandian alam Lubuk Bonta ini memang bisa dibilang jarang terekspose akhir-akhir ini. Padahal dulunya tempat ini merupakan salah satu tempat wisata kebanggaan daerah sicincin. Bagaimana tidak? Letaknya yang gampang di akses dari Jalan Raya Bukittinggi - Padang, kawasannya yang masih dipenuhi tumbuhan hijau, airnya yang berwarna biru kehijauan dan sejuk, serta untuk memasukinyapun tidak dikenai biaya sepeserpun. Kurang apalagi coba? Tapi sayang memang saat ini sangat sepi peminat. Bahkan namanya kalah dengan pemandian Tirta alam yang berada di kecamatan yang sama.
 
mungkin, kurangnya perawatan menjadi hal utama kenapa Lubuak Bonta yang dulunya menjadi tujuan utama wisata  pemandian keluarga yang banyak dikunjungi saat menjelang bulan puasa, tidak lagi diminati. Apalagi setelah banyaknya tempat-tempat wisata air buatan seperti Waterboom dan kolam pemandian yang berada disepanjang jalan di Kawasan Anai. Ini makin membuat nama dari pemandian alam ini tak terngiang lagi.
 
Lokasi Lubuak Bonta terletak di korong Tarok, Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2x11 Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman, Sumatera Barat. Untuk lokasi bisa diakses dengan menggunakan mobil ataupun motor. Jarak lokasi ke Jalan Raya Bukittinggi -Padang hanya berkisar 5 KM. Sangat mudah ditemui karena berdekatan dengan pabrik air minum kemasan ternama yang sumber airnya berasal dari aliran air pegunungan yang mengairi Lubuak Bonta ini.
 
Nah yang sempat menyita perhatian saya ketika berada disini adalah banyak ikan-ikan kecil kecil yang datang menghampiri. Gerombolan ikan datang dan menggigit kulit kaki saya. Tapi tenang!! ini bukan ikan piranha, hanya sekumpulan ikan kecil yang membantu membersihkan kulit-kulit mati. Entah jenis ikan apa yang berkembang biak di Telaga ini. Namun sekilas mirip dengan Ikan Garra rufa (ikan dokter) yang biasanya digunakan sebagai ikan terapi. Jadi semacam ada sensasi spa ikan di alam terbuka. Seru bukan???
 
 
 

0 komentar:

Follow by Email