Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

2 Agt 2015

Danau Unik Primadona Nagari Kamang

Dikenal dengan nama Danau Tarusan Kamang. Lokasi berada di Jorong Babukik dan Jorong Halalang, Nagari Kamang Mudiak , Kecamatan Kamang Magek, Kabupaten Agam Sumatera Barat. Kenapa Tarusan Kamang disebut unik??? Apa sih hal yang istimewa dari danau ini??


Tarusan Kamang hanya digenangi air pada musim-musim tertentu saja, terutama pada saat musim hujan. Volume air meningkat dan kedalamaannya bisa mencapai 4-6 M. Tapi jangan heran, apabila musim kemarau melanda, lokasi ini akan berubah menjadi lapangan rumput yang sangat luas, unik bukan???

Belakangan memang Tarusan Kamang menjadi buah bibir para pengguna media sosial / netizen yang banyak memposting gambar-gambar mereka. Sehingga mengangkat keberadaan objek wisata musiman ini. Ngak heran kalo tempat ini akhirnya banyak dijadikan orang untuk tempat rekreasi. Namun masih banyak juga orang-orang atau bahkan warga sekitar yang belum menyadari keberadaannya.


Sambil menikmati pemandangan yang menyejukan mata, sesekali kita bisa melihat warga sekitar yang sedang menjaring/memancing ikan dengan menggunakan alat transportasi air berupa rakit (Rakik). Bagi anda yang penasaran dan ingin mengelilingi kawasan Danau Tarusan Kamang. Anda bisa menaiki rakit yang telah disediakan disana.


Harga sewa rakit cukup terjangkau, hanya dengan Rp. 10.000,- anda sudah bisa mengelilingi dan melihat langsung keindahan alam sekitar sambil barlayar dengan menggunakan rakit. Sesekali anda bisa berhenti dan mengabadikan gambar di daratan yang berada di tengah danau.

Baca Juga Artikel Lainnya : Barakik-Rakik Di Nagari Taram 
Saya yakin anda pasti masih menyimpan pertanyaan, Kenapa danau ini bisa muncul hanya pada waktu-waktu tertentu saja, iya kan??? Nah ternyata hal ini dikarenakan adanya sungai bawah tanah (Karst). Ketika air tanah naik, maka lorong-lorong dibawah bukit batuan kapur (gamping) yang berada disekitar danau akan menyemburkan air sehingga tampaklah danau yang luas. Namun ketika air sungai bawah tanah turun, volume air menurun dan yang terlihat hanya padang rumput. 


Danau Tarusan yang berada di kaki bukit barisan yang terletak sekitar 14 KM dari Bukittinggi ini sangat gampang untuk diakses. Dengan Menggunakan kendaraan pribadi anda bisa mengikuti rute dari pusat Kota Bukittinggi terus mengambil jalan lurus hingga melewari simpang Gaduik. Dari sini anda tetap mengambil jalan lurus menuju simpang aia Tabik. setelah itu berbeloklah kekanan. Dilanjutkan dengan berbelok ke kiri sesampainya di Simpang Pakan Senayan. Nah disanalah lokasi dari Danau Tarusan ini. 


Sayangnya lokasi ini memang masih belum diperhatikan oleh Pemerintah ataupun Pihak Swasta. Mungkin dikarenakan keberadaannya yang musiman. Hanya saja menurut info yang diperoleh, bahwasanya didaerah ini terdapat banyak gua-gua yang masih belum diketahui. Berharap nantinya Keindahan Gua dan Alam sekitar tarusan ini bisa diexplore sehingga bisa menambah khasanah kita akan pariwisata dalam Negeri terutama pariwisata Sumbar dan tentunya bisa meningkatkan pendapatan dan membuka lapangan kerja bagi warga sekitar.

0 komentar:

Follow by Email