Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

13 Agt 2014

Danau-Danau Indah di Sumatera Barat

Danau Singkarak

Pasti anda sudah pernah mendengar Danau Singkarak... :) Danau yang belakangan begitu sering diekspose di media massa dikarenakan adanya event Internasional tahunan Tour De Singkarak. Event ini telah berlangsung sejak tahun 2009 silam. Kali ini saya tidak akan membahas mengenai event balap sepeda yang diikuti oleh pebalap Internasional ini, melainkan hanya ingin menshare ulasan tentang Danau Singkarak.

Tau ngak sih kalo Danau Singkarak merupakan Danau terluas kedua di Pulau Sumatera? Danau ini membentang di dua kabupaten di Provinsi Sumbar, yaitu Kabupaten Solok dan Kabupaten Tanah Datar. Kebayang ngak seluas apa danaunya :). Nah... ngomongin Danau Singkarak ngak bakal lengkap kalo ngak nyicipin ikan khas danau ini. Disini terdapat 19 Jenis ikan air tawar. Namun yang menjadi primadonanya tak lain dan tak bukan adalah ikan bilih. Silahkan mampir saja ke rumah makan yang berada disepanjang Danau ini untuk menyicipi kelezatan ikan yang menjadi Icon Danau Singkarak atau anda bisa membeli ikan-ikan yang sudah dikeringkan yang dijajakan disekitar pasar rakyat yang berada disekitar lokasi danau.




Danau Maninjau

Bagi anda yang ingin menyaksikan indahnya Danau Maninjau, anda harus sedikit berlelah-lelah terlebih dahulu menelusuri kelok 44 (Ampek Puluah Ampek). Udah pada tau kan kenapa tikungan/kelokan ini dinamakan kelok 44? yup... bener sekali :) karena disini terdapat 44 Tikungan ekstrim yang harus anda lalui sebelum  bisa menapakkan kaki di lokasi Danau Maninjau. Tapi Jangan khawatir, sepanjang kelok  44 mata anda akan dimanjakan oleh pemandangan persawahan yang terhampar luas. Jika cuaca dalam keadaan cerah dan tak berawan. Anda bisa menyaksikan keindahan Danau Maninjau dari ketinggian.




Danau ini terletak di Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. posisinya berada 140 KM utara kota Padang dan 36 KM dari Bukittinggi. Danau ini tercatat sebagai Danau terluas ke11 di Indonesia.
Jangan lupa untuk mencoba makanan khas Danau Maninjau. Disepanjang jalan anda akan menemukan warung- warung yang menjajakan Pensi dan Rinuak. Pensi merupakan kerang kecil yang berasal dari Danau Maninjau. Agak mirip dengan lokan yang berasal dari laut, hanya saja ukurannya lebih kecil. sedangkan rinuak adalah ikan kecil khas Danau Maninjau, ukurannya yang kecil mirip teri medan. Ikan ini diolah menjadi beraneka panganan seperti Palai, Pergedel, rempeyek dll. paling pas dijadikan teman ngopi dan ngeteh disore hari.

Danau Kembar

Terletak di Kabupaten Solok, yaitu dikawasan Alahan Panjang yang terdiri dari dua buah danau. Danau diatas terletak di pinggir jalan Padang-Muara Labuh, sedangkan Danau di bawah terletak di Nagari Bukit Siteh Kecamatan Lembang Jaya.



Kenapa ya di sebut Danau Kembar??? Nah... alasanya kedua danau ini disebut sebagai Danau Kembar karena terdapat dua danau yaitu Danau Atas dan Bawah yang terletak berdampingan dengan jarak lebih kurang 300 M. Untuk lokasi sendiri berada sekitar 60 KM dari Padang (Ibu Kota Sumbar). Disepanjang jalan menuju lokasi ini mata anda akan dimanjakan oleh hamparan perkebunan teh yang berada di kiri dan kanan jalan. Ngak ada salahnya sebelum anda menuju ke lokasi Danau Kembar untuk menyempatkan diri mengabadikan moment berharga di kebun teh ini ;).




Sekian...

0 komentar:

Follow by Email