Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

19 Okt 2015

Eksplorasi Ngalau Tarang dan Kalam Kamang

Sisi lain Kamang yang membuat saya dan rekan-rekan terpanggil untuk mengeksplore nagari ini kembali. Kalo dulu saya pernah membahas artikel tentang Danau Unik Primadona Nagari Kamang (Tarusan). Namun sekarang saya akan mengajak anda untuk melihat keindahan alam lainnya yang ada disini..

Gerbang Ngalau Kalam
Pada kesempatan ini kami mengunjungi 2 spot ngalau yang ada di Kamang. Ngalau? mungkin ada diantara anda yang belum tahu apa itu ngalau? Ngalau berasal dari bahasa minang yang berarti gua. Adapun ngalau yang menjadi target kami adalah Ngalau Tarang (Terang) dan Kalam (Gelap).Memang daerah ini terkenal dengan banyak bukit kapur. Jadi ngak heran kalo gua yang ada disini terbentu dari bebatuan kapur.

Suasana Didalam Ngalau Kalam
Tapi dari segi namanya unik ya? ada Ngalau Tarang dan Ngalau Kalam. Coba deh kita bahas satu persatu, dimulai dari ngalau Kalam. Nah Ngalau kalam ini terletak di Jorong Durian. Sesuai dengan namanya ngalau ini sangat gelap dan dingin. Untuk memasukinya kita harus menggunakan senter. Karena memang tidak ada cahaya sama sekali. Oleh karena itu kami meminta bantuan warga sekitar untuk menjadi Guide dalam eksplorasi ngalau ini.


Pada kesempatan ini seorang Ibu dan seorang anaknya menawarkan diri untuk menjadi guide. Sebelum masuk kami dibekali dengan beberapa senter yang disediakan guide dan juga 1 buah lentera. Setelah semua siap kami mulai masuk

Gerbang Ngalau Tarang
Dan memang benar pemandangan yang disuguhkan didalam gua sangat indah, dipenuhi dengan stalaktit dan stalakmit. Selain kita bisa melihat keindahan tersebut, ternyata disini terdapat beberapa patung dari para pahlawan seperti patung Imam Bonjol, tuanku nan renceh serta masih banyak lainnya.


Kebalikan dari Ngalau Kalam, Ngalau Tarang merupakaan gua yang dimasuki cahaya matahari. Sehingga gua ini sangat terang dan untuk masuk kedalamnya tidak perlu menggunakan senter. Lokasi dari ngalau ini tidak jauh dari surau (mesjid) tuanku nan renceh di Nagari Kamang Mudiak. Untuk akses ke gua sangat dekat dengan jalan kampung, hanya 100 meteran. Tinggi mulut ngalau ini mencapai 20 m dan panjangnyamencapai 20 m. Lokasi masih terawat dan tentunya sangat layak untuk anda jadikan referensi liburan untuk weekend  kali ini.

0 komentar:

Follow by Email