Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

6 Sep 2014

Moga Bunda Disayang Allah


Akhirnya, selesai juga menyantap salah satu novel dari  Tere Liye yang telah diangkat ke layar lebar di Agustus 2013 silam. Karya yang telah difilmkan ini dibintangi beberapa bintang papan atas Indonesia seperti Shandy Aulia, Ferdi Nuril dll. Genap 1 tahun filmnya di rilis, baru kepikiran untuk membaca novelnya. Bahkan untuk menonton filmnyapun saya belum pernah. Lumayanlah, dengan membaca, setidaknya  tetap bisa menyimak alur cerita dari novel yang diterbitkan oleh Penerbit Republika ini.

Cerita berawal dari kecerian Melati sebagai seorang anak kecil yang digambarkan begitu lucu, menggemaskan, dan suka berlari kian kemari. Pola tingkah anak anak yang memancing kegembiraan siapapun yang melihatnya. Namun sayangnya itu semua hanya mimpi dari seorang Bunda yang sangat menginginkan kesembuhan putri tercintanya. Karena ternyata apa yang ada dimimpinya tersebut tidak seperti kenyataannnya. Melati yang dimaksud adalah seorang anak yang buta, tuli, dan bisu. Hanya gumaman dan geraman yang bisa dia utarakan. 




Dilain sisi digambarkan seorang pemuda pemabuk yang selalu memberi pandangan pesimis baik terhadap dirinya atau siapapun. Tentunya ada penyebabnya kenapa Karang yang dulunya merupakan pemuda yang riang dan penuh optimis dalam hidupnya serta senang bermain dengan anak-anak, dan bahkan sempat mendirikan beberapa rumah singgah untuk anak jalanan ini malah hanya mengurung diri disalah satu kamar di rumah Ibu gendut yang merupakan orang tua asuhnya dari kecil. Bahkan Ia hanya keluar kamar di malam hari saat semua terlelap dan kembali saat pagi menjelang.

Disini diceritakan dua sisi kehidupan yang bertolak belakang, namun dikarenakan rasa saling membutuhkan akhirnya mereka dipertemukan di dalam chapter demi chapter yang dihadirkan novel ini. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini. Seperti tidak pernah menyerahnya seorang Ibunda  akan kesembuhan buah hatinya, walaupun dia tahu kemungkinan itu kecil. Bagaimana Seorang Pemuda bisa berdamai dengan masa lalunya dan kembali menghadapi hidup dengan optimis, serta pelajaran  hidup lainnya yang terpapar disepanjang cerita yang dihadirkan Tere Liye dalam Novel yang berisi 306 halaman ini. 

Tere Liye mendapat inspirasi cerita ini daei kisah nyata Hellen Adams Keller ( Alabama, 1880 - 1968) yang sebenarnya tidak terlahir buta dan tuli, hingga usia 19 bulan ketika semua kenikmatan itu dicabut Tuhan darinya. Namun karena kegigihan orangtuanya Helen bisa menguasai 5 bahasa yaitu : inggris, Perancis, Jerman, Yunani dan latin. Pada usianya yang ke 24 tahun, dia lulus dari Radcliffe University dengan gelar Magna Cum Laude, menjadi orang buta pertama yang lulus dari universitas, serta merupakan salah satu pembicara dan penulis yang amat terkenal di dunia. Bahkan juga telah mendirikan Lembaga Hellen Keller Internasional untuk mencegah lebih banyak lagi kasus kebutaan. 

"Gelap! Melati hanya melihat gelap.
Hitam. Kosong. Tak ada warna...
Senyap! Melati hanya mendengar senyap.
Sepi. Sendiri. Tak ada nada..."
(Tere Liye, Moga Bunda Disayang Allah, 2006)

0 komentar:

Follow by Email