Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

1 Sep 2014

Fenomena Ice Bucket Challenge

Beberapa hari kebelakang, ntah itu di instagram , timeline twitter, media online, youtube, dan TV sering memperlihatkan video orang-orang yang mengguyur tubuh mereka dengan air es. Ini orang-orang pada gila atau kurang kerjaan??? pertanyaan tersebut tiba-tiba terlintas di benak saya.

Agar rasa penasaran tidak berlarut-larut, saya langsung coba searching di mbah google tentang Apa sech yang sebenarnya dilakukan oleh orang-orang yang awalnya saya anggap kurang kerjaan?

Ice Bucket Challenge (IBC)

Anda pernah mendengar istilah ini??? Ice Bucket Challenge atau yang disingkat dengan IBC merupakan dokumentasi berupa video yang memaparkan tantangan yang diakukaan seseorang dengan cara mengguyurkan air es ke tubuhnya. Setelah itu dia akan menantang 3 orang untuk melakukan hal yang sama dengan aksinya tersebut. Apabila orang yang ditantang tadi tidak melakukan hal itu dalam waktu 1 x 24 jam, maka orang-orang yang ditantang harus membayar sejumlah uang untuk donasi terhadap penderita Amyotrophic Lateral Sclerosis.

Apa itu Amyotrophic Lateral Sclerosis?

Penyakit yang menyerang saraf motorik (Penggerak) yang mengatur pergerakan kaki, tangan, kelopak mata, tersenyum, tertawa dan lain sebagainya. Asal katanya berasal dari bahasa Yunani yaitu A (Tidak ada), Myo (Otot), Trophic ( Asupan) Berarti tidak adanya asupan atau impuls listrik ke otot atau bisa juga dibilang penyakit dimana sel saraf yang berfungsi memberi rangsangan ke otot mati sehingga sinyal dari otak tidak sampai ke otot (Dr. Kelvin Yuwandi, Harian Analis 1 September 2014).

Gejala ALS belum tampak hingga nantinya si penderita berusia 50 tahun tapi ngak menutup kemungkinaan tanda-tandanya bisa muncul diusia muda. Hal ini bisa dilihat dari :
1. Kesusahan menggerakkan bagian depan telapak kaki dan jari kaki.
2. Kelemahan dikaki, pergelangan kaki, atau telapak kaki.
3. Kelemahan pada tangan
4. Kesulitan berbicara atau menelan
5. keram otot dan berkedut di lengan, bahu dan lidah
Penyakit ini awalnya sering menyerang di bagian tangan dan kaki terlebih dahulu selanjutnya menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Untuk penyebab penyakit sendiri masih belum diketahui hingga saat ini, hanya saja ada beberapa faktor lingkungan yang bisa memperbesar kesempatan untuk mengalami ALS, menurut situs Amazine.co :
1. Merokok, meningkatkan resiko ALS 2 x lipat dibanding orang-orang yang tidak merokok.
2. Paparan timbal ditempat Kerja juga dapat meningkatkan kemungkinan terjangkit ALS.
3. Dinas Militer, orang yang bertugas militer berisiko lebih tinggi terjangkit penyakit ini.

Nah itu dia info mengenai lce Bucket Challenge.Hal ini seru dan menantang untuk kita lakukan. Hanya saja dibalik semua itu uluran tangan kita juga sangat dibutuhkan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena ALS . Selamat mencoba ;)

 

0 komentar:

Follow by Email