Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

15 Sep 2014

Apa Yang Membuat Anda Takut???

Iseng dengar rekaman siaran sendiri waktu masih menjadi penyiar di salah satu radio di Padang. Rekaman yang didengar merupakan siaran di Gelaran Senada (Single-Single Pilihan Anda) tanggal 4 Juni 2012. Gelaran ini berlangsung 3 jam mulai dari jam 21.00 - 24.00 WIB. Nah kira-kira Tema apa yang akan dibahas disini???

Lupa-lupa ingat dengan tema siarannya, setelah didengar kembali. Ternyata "Takut" menjadi tema dimalam itu. Yang namanya takut merupakan sikap yang wajar adanya pada setiap manusia. Baik itu takut gagal, takut akan kemampuan diri sendiri, takut akan penolakan, takut akan hal-hal kecil seperti takut diledek, takut berada diruang sempit, dan masih banyak lainnya, bahkan ada satu ketakutan yang sangat dihindari oleh orang-orang, apalagi kalo bukan takut miskin hahaha.... bentuk ketakutan-ketakutan ini menyebabkan penyakit mental seperti stres yang berkepanjangan, kekhawatiran, kecemasan, kesedihan akibat adanya anggapan kalo yang namanya masa depan nantinya akan lebih buruk lagi dari pada sekarang.

Ternyata yang namanya ketakutan ini bisa membuat apa yang kita takutkan itu menjadi kenyataan lo... gimana ngak? contohnya aja ketika kita memikirkan kegagalan dalam ujian. saking fokusnya kita memikirkan kegagalan bisa membuat kita kurang persiapan dan malah membuat menjadi benar- benar gagal. Nah sebenarnya ngAk ada salahnya dengan rasa ini. Kalo ternyata dengan takut  malah membuat kita bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk belajar dengan sungguh, agar terhindar dari kegagalan.

Biyan menjadi penelpon pertama pada gelaran Senada tersebut. cerita berawal dari curhatannya yang hobi banget nonton film korea. sampe-sampe doi bela-belain begadang nyelesain nonton drama korea. Setelah ngalor ngidul cerita tentang film kesayangannya. saya coba mengarahkan pembicaraan ke tema yang saya bahas tadi. Apa yang bikin doi takut? Ternyata doi takut banget dengan kesalahan yang pernah dibuatnya waktu dulu. Namun doi tidak menampik kalo kesalahan yang ada itu akan mengajarkan doi untuk berlaku lebih baik kedepannya.

ceritapun masih berlanjut. Senada malam.. kembali ID call itu terlontar membuka siaran di sesi ketiga gelaran senada. Jam sudah menunjukkan jam 23.10 Wib. Fitri, salah satu pendengar yang juga akan berbagi cerita dikesempatan kali ini membuka cerita dengan curhatannya yang gampang banget terserang penyakit flu kalo sudah kena hujan, sedikit kena percikan hujan saja bisa membuat kondisi tubuhnya drop. Nah kalo soal rasa takut jangan ditanya lagi, ternyata doi takut banget dengan namanya hewan kecil. Sampe-sampe pernah dikerjain teman- temanya dengan menggunakan serangga, doi langsung pucat dan menggigil. Ketakutan yang aneh namun memang begitulah adanya.

Siaran berjalan dengan aman dan lancar hingga akhirnya single harus terpisah dari Cakra Khan digelarkan menutup perjumpaan kita dimalam itu. Sebelum berpisah saya sempat googling mencari beberapa tips untuk menghindari rasa takut. Berikut saya share lagi tips menghindari rasa takut yang mungkin berguna bagi anda :
.
(1). Kenali rasa takut, menyadari apa yang ditakutkan akan membuat rasa takut berkurang sebab saat itu anda akan berdialog dengan diri sendiri untuk menemukan jalan keluar bagaimana menghadapi rasa takut itu, (2). menantang dan menghadapinya. sehingga dengan demikian akan membiasakan diri kita untuk melakukan hal tersebut, lama kelamaan nantinya akan membuat diri terbiasa dan tidak akan menjadi sesuatu yang menakutkan lagi, (3). Jangan menunda-nunda melakukan suatu hal yang kita takutkan. Karena dengan menunda akan memperbesar rasa takut dan membuat kita semakin enggan untuk melakukannya.

So yang namanya rasa takut itu perlu adanya, bertujuan untuk membuat kita lebih mempersiapkan diri dalam mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Namun jangan sampai berlebihan. Karena dikhawatirkan akan membuat apa yang kita takutkan itu nantinya menjadi kenyataan.






0 komentar:

Follow by Email