Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

29 Sep 2014

SUKSES!!! SUKa proSES

Singkatan yang sangat menginspirasi, baru saja saya baca disalah satu status penulis yang saya follow di twitter. Singkat tapi langsung pas kena sasaran. Proses... siapapun pasti pernah melaluinya. Bahkan untuk berada disuatu tahap kehidupan, kita harus melewati apa yang disebut dengan proses.

Bicara tentang proses, saya teringat akan salah satu cerita motivasi yang pernah dibacakan saat briefing pagi. Mengenai seonggok tanah liat yang tidak memiliki nilai apabila dibiarkan saja. Namun ketika seonggok tanah liat yang ngak berarti tadi di beri air dan dibentuk dengan cara memutar diatas tatakannya, maka terbentuklah bermacam benda seperti cangkir, guci, pajangan dsb.

Tapi itu saja belum cukup, setelah dibentuk menjadi beragam benda, si tanah liat ini akan mengalami proses pemanasan dan dilanjutkan dengan pengecatan serta berbagai perlakuan lainya. Betapa banyaknya proses yang harus dilalui agar bisa memiliki bentuk yang indah dan eye catching yang membuat orang-orang ingin memilikinya.

Bagitu juga dengan hidup, dimana terkadang banyak dari kita yang tidak sabar dengan proses. Padahal proses ini penting dalam merubah diri kita seperti merubah pola fikir, membentuk sikap, belajar sabar dan banyak hal positif lainnya yang bisa diambil saat kita melalui tahapan demi tahapan dalam hidup ini. Kalo memang ingin sukses ya... memang harus menjalani dan menikmati proses.

Belajar dari orang sukses yang bisa kita jadikan panutan, tidak langsung melambung namanya dengan seketika. Bahkan ada yang sudah berkali-kali gagal dari satu percobaan ke percobaan lain. Sekali gagal, coba cara lain, gagal lagi, cara lain lagi dan seterusnya. Hingga nantinya berbuah hasil dan yang paling penting adalah "belajar dari kesalahan yang pernah dilakukan". Sehingga bisa mencapai apa yang mereka inginkan. Tidak serta merta sekali percobaan langsung membuahkan hasil. Butuh ratusan hingga ribuan tahap (proses) yang dilalui untuk mewujudkannya.

Tapi banyak juga ditemui orang-orang yang tidak menginginkan  atau tidak menghargai proses. Ingin gampangnya saja. Untungnya saya tidak termasuk ke segelintir orang yang nyaman untuk menikmati hasil tanpa proses. Ketika proses itu dilalui, saya merasa bisa menghargai dan mempertahankan apa yang sudah saya capai. Tidak semena-mena untuk melepaskan dan akan memperjuangkan mati-matian untuk menjaganya. Karena semua itu diperoleh dengan susah payah. Saya pribadi benar-benar membutuhkan proses.

So cintai Proses. karena didalamnya kita bisa belajar untuk mencapai kesuksesan dan so pasti hal inilah yang dibutuhkan dalam hidup kita agar bisa menjadi manusia yang makin baik dari hari kehari. Tapi jangan lupa untuk selalu belajar dari kesalahan agar menghindarkan diri dari kesalahan yang sama. Karena pada dasarnya orang-orang SUKSES adalah orang yang SUKa proSES ;)

23 Sep 2014

Menghargai Untuk Dihargai

Kembali harus berhadapan dengan orang-orang yang ngakunya besar tapi sayang kok makin tinggi jabatannya tapi pemikirannya makin cetek. Permasalahan yang dibahas sebenarnya ngak ada apa-apanya. Hanya permasalahan sejumlah uang yang mungkin kalo dijabarkan dalam tulisan ini, baik anda atau siapapun yang akan membacanya pasti terkejut dan mungkin bisa di bilang cerita ini terlalu mengada-ada. Tapi begitulah adanya, tanpa bermaksud untuk menjatuhkan satu pihak.

Hanya satu pertanyaan di fikiran saya. Dimana letak rasa menghargai? Ketika beliau yang ngakunya memiliki jabatan tinggi dan memang seperti itulah adanya, ingin dihargai tapi tidak mau menghargai orang-orang yang berhubungan dengannya.  Hanya ingin urusannya dipermudah tanpa mematuhi sistem yang juga berlaku disuatu instansi. Nah imbasnya ya kita lagi - kita lagi yang selalu diancam dengan nama dan jabatannya, toh kalo dipikir-pikirpun ada ataupun tidak keberadaanya tidak mempengaruhi sedikit apapun pada diri saya dan teman-teman. Cuma mungkin karena rasa angkuhnya yang begitu menjulang tinggi membuat beliau lupa dengan daratan.

Bisa dibilang sangat banyak sekali orang-orang seperti ini disekitar kita, yang terlalu bangga dengan jabatannya, namun kebanggaan dengan jabatan tersebut tidak didukung dengan sikap dan mentalnya sebagai seorang pemimpin. Ngak kebayang aja, hanya karena uang puluhan ribu. Semua kegiatan harus terpending dan harus kembali membujuk atau lebih tepatnya menjilat agar urusannya bisa kembali diproses. Ohhh... damn!!! sampai segininya kalo manusia sudah haus akan pelayanan dan pujian. Seolah menutup mata dengan sistem yang ada, yang seharusnya Beliau sudah tau, Namun tetap ingin dipermudah tanpa mau mempermudah kerja orang lain.

Saya hanya bisa memaklumi, dengan jabatan orang bisa lupa diri dan acap kali memperagakannya agar ingin dihargai. Namun sayang sikap itu menunjukan kalo orang tersebut tidak lain dan tidak bukan, "bukanlah apa-apa tanpa jabatannya". Bisa dibilang selagi masih menjabat,  beliau akan dihargai orang-orang disekitarnya. Bukan berarti karena kepemimpinan atau wibawanya yang membuat orang segan padanya. Tapi karena orang-orang malas untuk memperpanjang urusan dengan diri dan segala sikap ngak penting yang dibanggakannya.

20 Sep 2014

Perdebatan Dengan Diri Sendiri

Tangkap Kesempatan Itu Atau Lupakan

Belakangan makin sering berdebat dengan diri sendiri. Disatu sisi bosan berada di zona nyaman, disisi lain keinginan yang makin kuat untuk mencapai apa yang diinginkan. Seolah makin ngak peduli terhadap omongan orang. Keinginan yang makin kuat ngak pernah berhenti berputar dikepala ini. Semakin disangkal, semakin kepikiran.

Lakukan Atau Lupakan

Cepat atau lambat memang harus mengambil keputusan. Agar tidak terlalu berlarut-larut memikirkan permasalahan yang tidak ada ujungnya apabila tidak dilakukan. Jangan sampai menyesal dikemudian hari karena tidak pernah mencoba. Mana bisa Saya tau akan berhasil kalo tidak berani mengambil langkah untuk menemukan hal-hal yang menantang diluar sana.

Saya selalu yakin akan ada banyak kesempatan bukan hanya kesempatan pertama saja. Pasti akan ada  yang namanya kesempatan kedua, ketiga dan seterusnya dalam hidup ini. Hanya saja siapkah saya untuk mengambilnya? Siap... pasti siap!!! so tunggu apa lagi? Putuskan sekarang atau lupakan...

Lupakan???

Ya ngak semudah itulah... Buktinya sudah bertahun-tahun ingin melupakannya. Tapi ngak ada seharipun yang terlewatkan tanpa memikirkannya. Terus mau gimana lagi ???  Jika ternyata dari pilihan yang adapun tidak ada pilihan lain selain "Lakukan atau Lakukan???" 

Do it or forget about it bro!!! dan saya lebih memilih untuk mengambil resiko dibanding menyesal untuk selama-lamanya.

17 Sep 2014

Memantaskan Diri

ceritanya ni malam kehabisan stock buku. Nah inni yang paling susah, kalo tinggal jauh dari Gramedia. Mau beli buku bajakan di emperan, Males... udah copyannya ngak jelas, gampang koyak, hargapun ngak beda jauh dengan yang aslinya. Mending langsung ke Gramedia, biarpun mahal dikit tapi memuaskan.

Paling ngaK enak aja kalo sebelum tidur ngak ada buku yang bisa dibaca, rasanya ada yang kurang. Untuk nyiasatinnya ya mau ngak maau pilih lagi buku-buku yang ada di lemari. Daripada mono nungguin ngantuk yang ngak kunjung datang. Kemana tu Ngantuk masak udah jam segini belum datang-datang juga??? ciahhhh #TepokAme-Ame.

Jadi pengen sharing aja tentang salah satu judul yang ada di buku "7 Keajaiban Rejeki" karya Ippho Santosa yang membahas mengenai Memantaskan Diri. Cerita simple tapi berkesan dan penuh pembelajaran yang tersirat maupun tersurat buat kita yang mungkin ingin mengejar impian ataupun keinginan yang masih belum tercapai. Yuk sama- sama kita simak....

Seorang anak ingin punya sepeda. Lantas, apa tanggapan ayahnya?

(1). Pantaskan ilmunya, ini bermaksud belajarlah bersepeda, walaau belum punya sepeda.
(2). Pantaskan uangnya, ini bermaksud untuk menyuruh menabung. Rutinkan tiap minggu atau tiap bulan, walaupun tabungan selama 1 tahunpun takkan cukup untukbeli sepeda.
(3). Memang tabungan ini tidak cukuop, bahkan tidak pernah akan cukup. Namun, karena melihat kesungguhan Anak dalam belajar bersepeda dan menabung, maka sang ayahlah yang kemudian mencukupkan.

kalo di analogikan si Ayah merupakan Allah SWT, sedangkan si anak adalah kita sebagai hambaNya. Walaupun kita tidak berdaya dalam menggapai segala hasrat, impian dan keinginan kita. Asalkan kita terus beraksi dan memohon kepadaNya. Yakinlah suatu saat Ia akan menuntun kita ke Jalan yang benar untuk menggapaai semua itu. Begitulah, bagi yang Maha kuasa tidak ada yang mustahil.

mudah-mudahan sepotong cerita singkat ini bermanfaat, setidaknya untuk mengingAtkan diri sendiri agar selalu melibatkan Tuhan dalam hal apapun. Karena tidak ada yang tak mungkin atas izinNya.

16 Sep 2014

Ramai-Ramai Gadai SK DPRD

Nah lo... udah kepilih, malah sibuk mikirin diri sendiri, bukan malah memikirkan nasib rakyat yang sudah bersedia memilih Bapak dan Ibu terhormat untuk duduk di kursi DPRD. Tapi apa imbasnya bagi rakyat??? Topik yang diangkat Suara Anda Metro TV yang dipandu oleh Zelda Safitri edisi 16 September 2014.

Ceileh... merasa gaya dengan SK yang bisa digadaikan Pak, Bu??? Bisa ngutang ni ye... Kredit mobil, Bangun Rumah, Nyekolahin anak atau barangkali ngelunasin utang-utang yang sudah dikeluarkan untuk keperluan kampanye dulu. Enak ya Pak, Bu, ngubar janji untuk kepentingan pribadi. Wajar aja sih kalo orang-orang yang ngak dapat kursi malah jadi gila :)

Miris, saat tau kalo ternyata disalah satu daerah udah ada sekitar 50% anggota DPRD yang sudah menggadaikan SKnya ke Bank. Asyik.... Duit udah ditangan coy! Keliatan banget maruknya ni orang. Jangan terlalu diliatin banget lah Pak, Bu ketamakannya, bok ya diitahan dulu. Siapa sih yang ngak butuh uang??? Kerja aja belum, SK udah di Bank, Apa kata dunia???

Menurut narasumber yang dihadirkan di studio, menyatakan bahwa sebaiknya dibuat peraturan yang melarang anggota DPRD ini untuk menggadaikan SKnya. Tapi kayanya kembali ke diri masing-masing deh. Kalo memang dasar mentalnya sudah bobrok,mau diapain lagi coba? Kalo niatnya memang sudah jelek pasti ada aja celahnya. Tapi kalo saya lebih memilih no comentlah untuk hal ini. Buset dah.... ngak niat coment aja udah siap satu Bab, gimana kalau niat ya #Gubrak!!!

15 Sep 2014

Apa Yang Membuat Anda Takut???

Iseng dengar rekaman siaran sendiri waktu masih menjadi penyiar di salah satu radio di Padang. Rekaman yang didengar merupakan siaran di Gelaran Senada (Single-Single Pilihan Anda) tanggal 4 Juni 2012. Gelaran ini berlangsung 3 jam mulai dari jam 21.00 - 24.00 WIB. Nah kira-kira Tema apa yang akan dibahas disini???

Lupa-lupa ingat dengan tema siarannya, setelah didengar kembali. Ternyata "Takut" menjadi tema dimalam itu. Yang namanya takut merupakan sikap yang wajar adanya pada setiap manusia. Baik itu takut gagal, takut akan kemampuan diri sendiri, takut akan penolakan, takut akan hal-hal kecil seperti takut diledek, takut berada diruang sempit, dan masih banyak lainnya, bahkan ada satu ketakutan yang sangat dihindari oleh orang-orang, apalagi kalo bukan takut miskin hahaha.... bentuk ketakutan-ketakutan ini menyebabkan penyakit mental seperti stres yang berkepanjangan, kekhawatiran, kecemasan, kesedihan akibat adanya anggapan kalo yang namanya masa depan nantinya akan lebih buruk lagi dari pada sekarang.

Ternyata yang namanya ketakutan ini bisa membuat apa yang kita takutkan itu menjadi kenyataan lo... gimana ngak? contohnya aja ketika kita memikirkan kegagalan dalam ujian. saking fokusnya kita memikirkan kegagalan bisa membuat kita kurang persiapan dan malah membuat menjadi benar- benar gagal. Nah sebenarnya ngAk ada salahnya dengan rasa ini. Kalo ternyata dengan takut  malah membuat kita bisa mempersiapkan diri dengan sebaik-baiknya untuk belajar dengan sungguh, agar terhindar dari kegagalan.

Biyan menjadi penelpon pertama pada gelaran Senada tersebut. cerita berawal dari curhatannya yang hobi banget nonton film korea. sampe-sampe doi bela-belain begadang nyelesain nonton drama korea. Setelah ngalor ngidul cerita tentang film kesayangannya. saya coba mengarahkan pembicaraan ke tema yang saya bahas tadi. Apa yang bikin doi takut? Ternyata doi takut banget dengan kesalahan yang pernah dibuatnya waktu dulu. Namun doi tidak menampik kalo kesalahan yang ada itu akan mengajarkan doi untuk berlaku lebih baik kedepannya.

ceritapun masih berlanjut. Senada malam.. kembali ID call itu terlontar membuka siaran di sesi ketiga gelaran senada. Jam sudah menunjukkan jam 23.10 Wib. Fitri, salah satu pendengar yang juga akan berbagi cerita dikesempatan kali ini membuka cerita dengan curhatannya yang gampang banget terserang penyakit flu kalo sudah kena hujan, sedikit kena percikan hujan saja bisa membuat kondisi tubuhnya drop. Nah kalo soal rasa takut jangan ditanya lagi, ternyata doi takut banget dengan namanya hewan kecil. Sampe-sampe pernah dikerjain teman- temanya dengan menggunakan serangga, doi langsung pucat dan menggigil. Ketakutan yang aneh namun memang begitulah adanya.

Siaran berjalan dengan aman dan lancar hingga akhirnya single harus terpisah dari Cakra Khan digelarkan menutup perjumpaan kita dimalam itu. Sebelum berpisah saya sempat googling mencari beberapa tips untuk menghindari rasa takut. Berikut saya share lagi tips menghindari rasa takut yang mungkin berguna bagi anda :
.
(1). Kenali rasa takut, menyadari apa yang ditakutkan akan membuat rasa takut berkurang sebab saat itu anda akan berdialog dengan diri sendiri untuk menemukan jalan keluar bagaimana menghadapi rasa takut itu, (2). menantang dan menghadapinya. sehingga dengan demikian akan membiasakan diri kita untuk melakukan hal tersebut, lama kelamaan nantinya akan membuat diri terbiasa dan tidak akan menjadi sesuatu yang menakutkan lagi, (3). Jangan menunda-nunda melakukan suatu hal yang kita takutkan. Karena dengan menunda akan memperbesar rasa takut dan membuat kita semakin enggan untuk melakukannya.

So yang namanya rasa takut itu perlu adanya, bertujuan untuk membuat kita lebih mempersiapkan diri dalam mencapai segala sesuatu yang diinginkan. Namun jangan sampai berlebihan. Karena dikhawatirkan akan membuat apa yang kita takutkan itu nantinya menjadi kenyataan.






11 Sep 2014

My Profile

Muhammad Faichwan MJ (Farhan Seashell) saat ini bekerja sebagai Marketer di PT. Asuransi Sinarmas Bukittinggi. Mulai bergabung di perusahaan asuransi sejak Juni 2013 hingga saat ini. Sebelumnya mahasiswa lulusan Fakultas Pertanian Unand 2012 ini merupakan salah satu Penyiar di Radio Sipp Female Padang. Mulai menekuni dunia radio setelah berkecimpung dalam pelatihan Public Speaking yang diadakan oleh Lembaga Penyiaran RRI Padang.

Kecintaan Akan Dunia Public Speaking

Malu berbicara didepan umum dan kurangnya rasa percaya diri mendasarinya untuk bergabung kedalam kelas public speaking yang dibawahi oleh Lembaga Penyiaran RRI Padang. Dengan kegigihan untuk meningkatkan rasa percaya diri berbicara didepan orang banyak akhirnya saya mencoba memberanikan diri untuk mengambil kesempatan menjadi MC dibeberapa kegiatan Kampus.

Selain itu kesempatan magang pertama untuk bersiaran di radio RRI pro 2 Padang juga ngak saya sia-siakan. Saya pernah menjadi bintang tamu di acara jembatan hati yang disiarkan live setiap jum'at malam Pukul 22.00 WIB. Diluar studio saya juga berkesempatan magang diacara resepsi pernikahan sebagai pembaca saritilawah. Selain itu saya menjadi salah satu bintang tamu di acara seminar Good People Speaks Good yang diadakan atas kerjasama LPP RRI Padang bersama Universitas Negeri Padang.

Agribusiness In Action

MC di Acara Agribusiness In Action


Untuk mengaplikasikan kemampuan public speakingnya akhirnya saya bergabung dengan salah satu radio swasta yang ada di Padang. SippFemale radio menjadi radio pilihannya, mulai bergabung di bulan Juni 2011 Dan telah mengikuti berbagai pelatihan kepenyiaran  dasar hingga akhirnya diangkat menjadi Karyawan tetap pada Bulan September 2011.

Pelatihan Public Speaking di RRI

Saat bekerja di dunia radio dituntut agar bisa bersiaran dengan waktu yang tak menentu. Kapanpun diminta harus bersedia, baik itu subuh, pagi, siang bahkan larut malam. Tapi untungnya Sipp Female memberikan kelonggaran bagi karyawannyan untuk menentukan waktu siaran yang bisa disesuaikan dengan kesibukan kuliah. karena rata-rata karyawannya merupakan mahasiswa. Hanya menyerahkan Kartu rencana studi, Jadwal para penyiar diatur sedemikian rupa. sehingga tidak mengganggu jadwal perkuliahan.

Foto Siaran

Siaran Di RRI Pro 2 Padang

Siaran di SIPP FeMale Radio

Seminar Bersama Okky Asokawati (Desember 2011)

Seminar With Okky Asokawati


Live Report


Iklan Sekolah Public Speaking


Sambutan Wisuda 2012
Dikesempatan wisuda Universitas Andalas pada tanggal 25 Mei 2012 saya menjadi perwakilan mahasiswa Fakultas Pertanian untuk menyampaikan kata sambutan. 

Di Desember 2012 Memutuskan Hengkang Dari Dunia Radio.

Dikarenakan keinginan saya untuk mencoba pengalaman baru didunia kerja, saya bergabung dengan berbagai macam perusahaan mulai dari consultant liburan di PT Loca Wisata Asri hingga menjadi admin  di salah satu perusahaan leasing sepeda motor. Setelah sekian lama ngalor ngidul dari satu pekerjaan ke pekerjaan lain saya memutuskan untuk mengambil kesempatan menjadi marketing Officer di Asuransi Sinarmas.

Walaupun saat ini sudah jarang tampil didepan umum, namun ilmu public speaking yang pernah didapatkan saat berada di radio masih sangat berguna. Apalagi ketika bertemu dan memprospect calon client. selain itu disela-sela kesibukan sebagai marketer saya masih menyempatkan diri untuk tampil di beberapa acara seperti;

Sampoerna Retail Community (2013)




Small Gathering Agency (Metro Bisnis, Sept 2013)


Kick Of Agency (Februari 2014)



Bakti Sosial Ulang Tahun Asuransi Sinarmas (2014)

 
Mimpi yang Ingin Digapai
Ingin segera bisa melanjutkan S2 dengan mengambil Jurusan Public relation / Jurnalistic, karena pada dasarnya saya masih memendam cita-cita untuk bisa bergabung di media TV swasta, Radio atau media cetak nasional suatu saat nanti.

Nama : Muhammad Faichwan MJ
FB : Farhan Seashell Twitter, Ins : @Farhanseashell
Cp: 082386458987 / 08812340698
Email :
farhanseashell09@gmail.com




9 Sep 2014

Get Mine, Get Yours


Aneh, aneh, dan super aneh ketika disekitar kita ada orang yang hobi banget ngurusin yang bukan urusannya. Ntah apa yang terlintas dipikirannya. Kenapa dia suka mencampuri urusan orang yang sebetulnya ngak perlu diurusnya? Pertanyaan yang ngak henti-hentinya muncul ketika harus berpapasan dengan orang aneh ini, Kenapa???

Sikap yang menurut saya pribadi sangat tidak mencerminkan kedewasaan. Apalagi kalo hal ini bertujuan untuk membandingkan dirinya dengan orang lain. Sepertinya sudah menjadi tabiatnya kalo orang yang suka mencampuri hidup orang lain ini ingin menunjukkan kehebatannya. Cuma mungkin karena tidak ada penghargaan / pengakuan yang ia terima, makanya berimbas ke hal seperti ini. Seperti manusia yang kurang kerjaan, padahal memang ngak ada kerjaan hahaha....

Atau, bisa jadi karena takut tersaingi, jadi dia mencoba untuk memata-matai orang yang ditakutinya. makin kelihatan dong gimana ceteknya pemikiran, mental dari orang ini. Pantaskan kalo saya bilang caranya terlalu kekanak-kanakan. kenapa harus bersaing dengan cara yang tidak sehat? Apa untungnya coba? memakan bangkai saudara sendiri demi kejayaan sesaat, bahkan binatang yang tidak disertai dengan pemikiran seperti halnya manusia enggan untuk melakukan hal itu.

Ya udahlah, kenapa harus mencampuri urusan orang? Let me get Mine and you get yours. Kita jalani hidup kita masing-masing, Anda hidup dengan segala permasalahan yang anda punya dan sayapun begitu. Belum tentu orang yang anda selalu cari kesalahannya itu adalah orang yang salah. Jelas-Jelas anda yang salah! Kenapa hobinya nguntitin orang mulu akhirnya panas sendiri kan??? :P

6 Sep 2014

Moga Bunda Disayang Allah


Akhirnya, selesai juga menyantap salah satu novel dari  Tere Liye yang telah diangkat ke layar lebar di Agustus 2013 silam. Karya yang telah difilmkan ini dibintangi beberapa bintang papan atas Indonesia seperti Shandy Aulia, Ferdi Nuril dll. Genap 1 tahun filmnya di rilis, baru kepikiran untuk membaca novelnya. Bahkan untuk menonton filmnyapun saya belum pernah. Lumayanlah, dengan membaca, setidaknya  tetap bisa menyimak alur cerita dari novel yang diterbitkan oleh Penerbit Republika ini.

Cerita berawal dari kecerian Melati sebagai seorang anak kecil yang digambarkan begitu lucu, menggemaskan, dan suka berlari kian kemari. Pola tingkah anak anak yang memancing kegembiraan siapapun yang melihatnya. Namun sayangnya itu semua hanya mimpi dari seorang Bunda yang sangat menginginkan kesembuhan putri tercintanya. Karena ternyata apa yang ada dimimpinya tersebut tidak seperti kenyataannnya. Melati yang dimaksud adalah seorang anak yang buta, tuli, dan bisu. Hanya gumaman dan geraman yang bisa dia utarakan. 




Dilain sisi digambarkan seorang pemuda pemabuk yang selalu memberi pandangan pesimis baik terhadap dirinya atau siapapun. Tentunya ada penyebabnya kenapa Karang yang dulunya merupakan pemuda yang riang dan penuh optimis dalam hidupnya serta senang bermain dengan anak-anak, dan bahkan sempat mendirikan beberapa rumah singgah untuk anak jalanan ini malah hanya mengurung diri disalah satu kamar di rumah Ibu gendut yang merupakan orang tua asuhnya dari kecil. Bahkan Ia hanya keluar kamar di malam hari saat semua terlelap dan kembali saat pagi menjelang.

Disini diceritakan dua sisi kehidupan yang bertolak belakang, namun dikarenakan rasa saling membutuhkan akhirnya mereka dipertemukan di dalam chapter demi chapter yang dihadirkan novel ini. Banyak pelajaran yang bisa kita ambil dari kisah ini. Seperti tidak pernah menyerahnya seorang Ibunda  akan kesembuhan buah hatinya, walaupun dia tahu kemungkinan itu kecil. Bagaimana Seorang Pemuda bisa berdamai dengan masa lalunya dan kembali menghadapi hidup dengan optimis, serta pelajaran  hidup lainnya yang terpapar disepanjang cerita yang dihadirkan Tere Liye dalam Novel yang berisi 306 halaman ini. 

Tere Liye mendapat inspirasi cerita ini daei kisah nyata Hellen Adams Keller ( Alabama, 1880 - 1968) yang sebenarnya tidak terlahir buta dan tuli, hingga usia 19 bulan ketika semua kenikmatan itu dicabut Tuhan darinya. Namun karena kegigihan orangtuanya Helen bisa menguasai 5 bahasa yaitu : inggris, Perancis, Jerman, Yunani dan latin. Pada usianya yang ke 24 tahun, dia lulus dari Radcliffe University dengan gelar Magna Cum Laude, menjadi orang buta pertama yang lulus dari universitas, serta merupakan salah satu pembicara dan penulis yang amat terkenal di dunia. Bahkan juga telah mendirikan Lembaga Hellen Keller Internasional untuk mencegah lebih banyak lagi kasus kebutaan. 

"Gelap! Melati hanya melihat gelap.
Hitam. Kosong. Tak ada warna...
Senyap! Melati hanya mendengar senyap.
Sepi. Sendiri. Tak ada nada..."
(Tere Liye, Moga Bunda Disayang Allah, 2006)

4 Sep 2014

Ketika

Ketika aku bisa memilih...
Akupun berharap bisa merasakan apa yang kalian rasakan
Bisa menikmati masa-masa indah
Dan kuingin mengajak kalian duduk bersama saling berbagi cerita

Ketika pilihan itu ada...
Akan kudambakan kehidupan yang biasa kalian lalui
Dipenuhi dengan rasa suka cita yang berlimpah ruah
Tanpa adanya rasa keterpaksaan

Namun ketika hal yang kutakutkan itu tidak terelakkan
Bahkan sudah menghantuiku sejak dulu
Apa yang bisa kulakukan???
Selain hanya bisa menelan ludah
Mendengar hinaan yang terlontar dari mulut kotor kalian

Ketika aku jadi kalian
Pasti aku akan menghargai dan menerima segala sesuatu dengan apa adanya
Menerima segala kekurangan dan memberikan rangkulan sebagai seorang teman
Bukan malah jadi bahan olokan yang tidak ada habisnya

Ku harap kalian juga bisa melihatnya dari sisiku
Untuk membuktikan kebenaran yang menurut kalian mutlak
Namun apakah masih terasa sama benarnya,
Ketika kalian melihat itu semua dari sudut pandangku???

Namun ketika pilihan itu ternyata tidak ada
Aku ikhlas menerima apa yang sudah disuratkan Tuhan dengan segala kondisinya
Baik kurangku ataupun lebihku
Baik hinaku ataupun muliaku

Bukan berarti aku makhluk yang tidak pandai bersyukur
Namun wujud syukur inilah yang selalu membawaku
Untuk merubah diri kearah yang lebih baik
Dan aku yakin tuhan menciptakan segala sesuatu tanpa kesia-siaan

3 Sep 2014

Satan And Angel In My Mind

Ketika terjadi suatu perdebatan antara malaikat dan setan yang ngak pernah menemukan kesepakatan sejak zaman dulu kala hingga saat ini. Tindakan apa yang bakal saya atau anda ambil dalam menentukan suatu keputusan? Mendengarkan bisikan setan yang suka merayu, membawa kenikmatan sesaat dan pasti menjerumuskan. Atau mendengarkan teguran malaikat yang mengajak kepada kebaikan tapi terkadang susah untuk dilakukan. Apalagi kalo si setan mengiming-imingi dengan sesuatu yang menyenangkan, walaupun sesat adanya.

Dalam diri manusia pasti ada kedua sisi tersebut. Setan yang menempati kubu hitam dan Malaikat yang bertindak sebagai Pemimpin kubu putih. Dikarenakan adanya dua sisi ini yang membuat manusia susah untuk menentukan sikap. Ketika suatu hal itu merupakan hal yang baik, malaikat mulai mendukung dan bertepuk tangan agar seseorang bisa melanjutkan niat baik tadi. Namun dengan sigap si pemimpin kubu hitam ngak mau ketinggalan. Pantang sekali baginya kalah dari makhluk yang diciptakan dengan tidak memiiki hawa nafsu itu. Sehingga dia ngak bakal tinggal diam untuk membelokan niat makhluk-makhluk  Tuhan.

Saat itu terjadi malaikat hanya bisa mengelus dada dan setanpun bisa tertawa terbahak-bahak diatas penderitaan malaikat. Seolah hanya keangkuhan yang ada disikapnya. Namun apabila hal sebaliknya terjadi, malaikat dimenangkan dalam suatu perselisihan. Betapa geram dan bengisnya setan seolah harga dirinya diinjak injak dan pasti ngak akan tinggal diam untuk kembali menjerumuskan si pribadi ini nantinya. Sehingga muncul pertanyaan, sampai kapan ini akan berlangsung???

Begitulah adanya...  ada hitam dan putih. Tergantung nantinya si pribadi tersebut mau berpihak kesiapa? ke Setankah? atau Malaikat? semua kembali kepadanya sebagai pengambil keputusan. Sampai-sampai sering sekali, baik anda atau saya berdebat dengan diri sendiri. Pasti merekaakan ikut campur kedalam perdebatan sengit itu. Seolah tak ada yang mau mengalah, mereka mulai memberikan ide yang satu dan bersahut dengan ide sebaliknya dari kubu yang berlawan. Dua hal yang ada dalam diri manusia yang meyebabkan pergolakan batin. Ntah siapa nantinya yang akan dimenangkan? semua kembali kepada masing-masing pribadinya.

1 Sep 2014

Fenomena Ice Bucket Challenge

Beberapa hari kebelakang, ntah itu di instagram , timeline twitter, media online, youtube, dan TV sering memperlihatkan video orang-orang yang mengguyur tubuh mereka dengan air es. Ini orang-orang pada gila atau kurang kerjaan??? pertanyaan tersebut tiba-tiba terlintas di benak saya.

Agar rasa penasaran tidak berlarut-larut, saya langsung coba searching di mbah google tentang Apa sech yang sebenarnya dilakukan oleh orang-orang yang awalnya saya anggap kurang kerjaan?

Ice Bucket Challenge (IBC)

Anda pernah mendengar istilah ini??? Ice Bucket Challenge atau yang disingkat dengan IBC merupakan dokumentasi berupa video yang memaparkan tantangan yang diakukaan seseorang dengan cara mengguyurkan air es ke tubuhnya. Setelah itu dia akan menantang 3 orang untuk melakukan hal yang sama dengan aksinya tersebut. Apabila orang yang ditantang tadi tidak melakukan hal itu dalam waktu 1 x 24 jam, maka orang-orang yang ditantang harus membayar sejumlah uang untuk donasi terhadap penderita Amyotrophic Lateral Sclerosis.

Apa itu Amyotrophic Lateral Sclerosis?

Penyakit yang menyerang saraf motorik (Penggerak) yang mengatur pergerakan kaki, tangan, kelopak mata, tersenyum, tertawa dan lain sebagainya. Asal katanya berasal dari bahasa Yunani yaitu A (Tidak ada), Myo (Otot), Trophic ( Asupan) Berarti tidak adanya asupan atau impuls listrik ke otot atau bisa juga dibilang penyakit dimana sel saraf yang berfungsi memberi rangsangan ke otot mati sehingga sinyal dari otak tidak sampai ke otot (Dr. Kelvin Yuwandi, Harian Analis 1 September 2014).

Gejala ALS belum tampak hingga nantinya si penderita berusia 50 tahun tapi ngak menutup kemungkinaan tanda-tandanya bisa muncul diusia muda. Hal ini bisa dilihat dari :
1. Kesusahan menggerakkan bagian depan telapak kaki dan jari kaki.
2. Kelemahan dikaki, pergelangan kaki, atau telapak kaki.
3. Kelemahan pada tangan
4. Kesulitan berbicara atau menelan
5. keram otot dan berkedut di lengan, bahu dan lidah
Penyakit ini awalnya sering menyerang di bagian tangan dan kaki terlebih dahulu selanjutnya menjalar ke bagian tubuh yang lain.

Untuk penyebab penyakit sendiri masih belum diketahui hingga saat ini, hanya saja ada beberapa faktor lingkungan yang bisa memperbesar kesempatan untuk mengalami ALS, menurut situs Amazine.co :
1. Merokok, meningkatkan resiko ALS 2 x lipat dibanding orang-orang yang tidak merokok.
2. Paparan timbal ditempat Kerja juga dapat meningkatkan kemungkinan terjangkit ALS.
3. Dinas Militer, orang yang bertugas militer berisiko lebih tinggi terjangkit penyakit ini.

Nah itu dia info mengenai lce Bucket Challenge.Hal ini seru dan menantang untuk kita lakukan. Hanya saja dibalik semua itu uluran tangan kita juga sangat dibutuhkan untuk membantu saudara-saudara kita yang terkena ALS . Selamat mencoba ;)

 

Follow by Email