Ads 468x60px

Get It Now!!!

Download Buku Palala

Buku Palala, Eksplorasi Wisata Ranah Minang Bisa didownload di Link dibawah ini : Judul Buku : Palala, Eksplorasi Wisata Ranah...

30 Jul 2014

Perut Nyaman Selama Berlebaran

Hi...  Bagaimana kabar anda di hari ke-3 lebaran ini? senang sekali disuasana nan fitri ini saya bisa menyapa anda untuk berbagi sedikit tips yang mudah-mudahan berguna bagi anda.
Di hari lebaran kadang kita suka lupa diri, ya ngak??? ngak ingat kalo selama 1 bulan kemaren kita udah puasa. Pola makanpun sudah diatur sedemikian mungkin. eh... pas lebaran semua jadi berantakan. Perut yang selama 1 bulan diistirahatkan jadi harus kerja keras mencerna makanan yang dikonsumsi. hayo... berapa banyak rumah yang anda kunjungi selama lebaran? 10, 20, 30 rumah??? kebayang dong ya, disetiap rumah kita harus makan atau sekurang-kurangnya menikmati panganan ringan seperti kue kering dan minuman bersoda.

sama halnya dengan anda, saya pun sering lupa diri. gimana ngak coba? momentnya cuma sekali setahun. sayang dong untuk dilewati hehehe... tapi tanpa disadari banyak penyakit yang nantinya bakal hinggap ditubuh kita saat lebaran usai. mulai dari Batuk, demam, sakit gigi, gusi berdarah dan juga penyakit pencernaan. disini saya coba share beberapa pengalaman untuk menghindari penyakit pencernaan yang mungkin berguna untuk kita.

1. yang paling bener ya ngikutin sunnah nabi, makan secukupnya ketika lapar dan berhenti sebelum kenyang. dijamin deh bikin perut kita bakal nyaman. pernah ngerasain ngak, kalo di hari lebaran saking maruknya, perasaan jadi ngak karu-karuan dan perut terasa begah? Bisa jadi karena perubahan pola makan kita yang drastis dari bulan puasa kemaren.

2. usahakan selalu untuk memenuhi kebutuhan tubuh kita akan cairan. alangkah baiknya minum air putih saja dibandingkan minuman yang banyak mengandung pemanis, soda dan cafein. soalnya kalo dikeluarga saya pasti selalu langganan diare setelah lebaran. penyebabnya apalagi kalo bukan minuman-minuman ringan yang bikin perut kita jadi panas dan perih.

3. ngak boleh ketinggalan untuk mengkonsumsi buah dan sayur. bisa dibayangin kalo perut kita udah dihajar sama makanan yang berat dan bersantan di pagi dan siang hari. so, ngak ada salahnya dimalam hari kita memperbanyak konsumsi buah dan sayur. agar kebutuhan serat dapat terjaga dan terhindar dari sembelit.

4. Nah ini dia yang paling penting. sempatkan diri untuk berolah raga ringan seperti jogging, sepeda, berenang dll.agar saat kembali kerja nanti badan tetap terjaga kesehatannya.

itu dia beberapa tips yang bisa dishare disini. mudah-mudahan bisa berguna dalam menjaga kesehatan. Kalo bukan kita yang peduli dengan kesehatan, siapa lagi???

0 komentar:

Follow by Email